Disiplin Ilmu

Blog Untuk Orang-orang yang Haus akan Ilmu Pengetahuan

Add to del.icio.us
10 Januari 2009

Ramalan 2012 Part V 'Suku Dogon'

Diposting oleh tarbloging

Suku Dogon adalah satu suku primitif di Bandiagara, Mali, Afrika Barat. Terletak antara kota Timbuktu dan kota Oudagoudou.

Bandiagara adalah tempat yang sangat terisolasi dari peradaban dunia. Beberapa foto keadaaan disana dapat dilihat pada foto dibawah ini.
Meskipun Dahulu Timbuktu pernah menjadi salah satu pelabuhan besar yang dilalui pedagang2 besar yang akan melintas gurun sahara.
Pada 1947, Marcel Griaule, seorang antrhopolog perancis tinggal selama 16 tahun ditengah suku Dogon. Dan selama 19 tahun mengadakan riset tentang suku tersebut.

Griaule hidup bagaikan seorang anggota disuku tersebut, dihormati dan sudah diterima sebagai seorang saudara. Di tahun ke 16, Griaule di dekati oleh beberapa orang kepala suku Dogon untuk menceritakan rahasia suku tersebut padanya.
Rahasia tersebut adalah asal-usul suku tersebut dan hal yang paling menarik adalah sebagai berikut :
1. Suku Dogon mengetahui bahwa kondisi bulan adalah kering (dry), kering/tidak produktif (barren).
2. Saturnus memiliki cincin yang mengitarinya. Jupiter memiliki 4 bulan yang besar.
3. Planet2 mengelilingi matahari dalam lintasan elips.
4. mereka mengetahui bahwa Milky way (galaxi bimasakti) adalah galaxi spiral.
5. Suku Dogon memiliki pengetahuan lebih bintang Sirius pada rasi Canis Mayor.
6. Mereka mengetahui bahwa Sirius tidak hanya satu tapi terdiri dari 3 bintang. Sirius A=Sigi Tolo, Sirius B=Po Tolo dan Emme Ya, Serta materi kecil White Dwarf=Digitaria.

Mereka percaya Digitaria memiliki sesuatu yang terberat di alam semesta yang terbuat dari metal disebut Sagala.
Digitaria mengelilingi Sigi Tolo setiap 50 tahun dengan elliptical orbit.
Benar2 sangat mencengangkan, bagaimana sebuah suku primitif yang terisolasi dari peradaban dunia mengetahui benda2 langit tanpa telescope ? bagaimana mereka mengetauhi bahwa bulan kondinya kering/tandus.

Bagaimana mereka melihat Jupiter meiliki 4 bulan. Dimana bulan yang pertama ditemukan oleh Galileo karena bulan ini yang terbesar sehingga nampak oleh telescope galileo. Sedangkan mereka mengetauhi 3 bulan lainnya ?
Ilum pengetahuan modern dengan penggunaan tlescope modern baru dapat diamati tentang bintang2 Sirius. Dan informasi dari suku Dogon benar2 sesuai dengan temuan tersebut.

Berikut Foto-foto tentang Suku Dogon.


0 komentar: